Para pengguna mobil bermesin diesel sering kali mengalami masalah mesinnya yang mengalami brebet pada kecepatan tertentu dan bahkan mesin sering mati matian. Hal ini diakibatkan karena berbagai faktor yang diantaranya akan kami jelaskan dibawah ini.
Penyebab mesin diesel Panther brebet matian
Saringan solar yang kotor
Bahan bakar solar memang terkenal dengan kandungan kotoran yang bisa dikatakan lumayan kotor. Bahkan saking kotornya bahan bakar solar busuk ini jika didiamkan, di bagian dasar akan terdapat endapat kerak, kotoran dan lumpur. Nah fungsi dari saringan solar adalah menyaring kotoran seperti ini agar tidak lolos kedalam injektor karena bisa menyebabkan injektor buntu.Karena saking banyaknya kotoran yang terperangkap didalam saringan solar, tentunya pasokan solar menuju kedalam bospom yang kemudian disemprotkan melalui injektor akan berkurang sehingga terjadilah mesin brebet.
Bospom dan injektor yang kotor
Bospom berfungsi untuk memompa bahan bakar dari dalam tangki menuju kedalam injektor, yang selanjutnya oleh injektor di semprotkan kedalam ruang bakar melalui pengkabutan. Jika bospom rusak alias mampet, ditambah lagi injektornya buntu selain mesin suka brebet juga bisa menjadi pincang.Saringan udara yang kotor
Didalam proses pembakaran mesin, selain suplay bahan bakar yang pas, suplay udara pun juga harus sesuai dengan takarannya. Jika salah satunya tidak pas maka akan terjadi masalah nantinya dan salah satunya adalah mesin menjadi brebet.Mengatasi mesin panther yang brebet
Untuk mengatasi hal ini yang perlu kalian lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap saringan solar, jika ternyata sudah sangat kotor sebaiknya lakukan penggantian. Jangan lupa juga untuk membersihkan water separator dari endapan air maupun kotoran, lokasi water separator ini berdekatan dengan posisi saringan solar.
Tahap selanjutnya adalah menguras dan memeriksa bagian tangki bahan bakar, hika terdapat endapan kotoran sangat dianjurkan untuk di bersihkan. Biaya turun tangki ini biasanya ada di kisaran 250 ribu hingga 500 ribu rupiah tergantung pihak bengkel yang memberikan jasa turun tangki.
Dengan melakukan kuras tangki, membersihkan water separator, mengganti saringan solar maupun membersihkan saringan udara, maka performa Isuzu Panther kalian pun akan kembali jreng kembali.
Jika sudah dibersihkan dan masih brebet.
Ada kasus dimana setelah kesemua hal diatas dilakukan, ternyata Panther nya massih suka brebet. Jika semua sudah dimaksimalkan dan masih brebet, kemungkinan besar injektor ada yang buntu atau boschpump ( bospom ) sudah kotor dalamannya dan minta di bersihkan atau bahasa tekniknya adalah di "kalibrasi". Untuk biaya kalibrasi sendiri setahu saya adalay 1.5 juta hingga 2jt an, jika terdapat kerusakan didalam bospom biayanya bisa lebih mahal lagi tergantung penggantian komponen rusak yang dimaksud.
Memang merawat mesin diesel ini jika tidak dilakukan dengan benar dampaknya akan membuat kalian boros di uang untuk proses perbaikan ini dan itu. Maka alangkah baiknya lakukan perawatan mesin diesel anda dengan rutin melakukan penggantian trio filter ( filter udara, filter bahan bakar, filter oli ) serta melakukan ganti oli sesuai jadwal.
Semoga celotehan diatas dapat bermanfaat buat kalian. Jangan lupa dibantu untuk share tulisan kami ya :)
1 comment:
Terimakasih penjelasanya
Post a Comment