Pantherlovers - pernah gak kalian mengalami sebuah kasus V belt mobil terdengar bunyi mencicit saat setir dipakai belok full ?
Waspada bisa jadi pulley crankshaft sudah losss atau doll.
Doll nya pulley crankshaft ( kruk As ) ini biasanya disebabkan karena faktor usia pemakaian, dimana karet damper pulley mengalami keausan sehingga perlu diganti pulley baru.
Kontruksi pulley kruk As ini terdiri dari 3 lapisan, lapisan sisi luar dan sisi dalam terbuat dari besi, sedangkan di bagian tengahnya terbuat dari bahan karet yang berfungsi sebagai peredam hentakan. Nah karet inilah yang nantinya mengalami kerusakan berupa retak dan dol seluruhnya sehingga putaran kruk as menjadi loss.
Di bengkel umum maupun di bengkel Astra biasanya mereka melakukan pengecekan ini dengan cara sederhana menggunakan type X atau stipo. Caranya pulley di tandai dengan stipo berupa garis lurus, baru kemudian mesin dinyalakan dan di belokkan secara full sampai muncul bunyi mencicit.
Selanjutnya mesin dimatikan dan di lihat secara visual apakah garis lurus dari stipo tadi bergeser atau tidak. Jika garisnya tadi bergeser berarti pulley sudah rusak dan minta diganti yang baru.
No comments:
Post a Comment