Pantherlovers - mobil tua memang perawatannya lebih ekstra, uang yang dibutuhkan juga lebih banyak dibandingkan dengan merawat mobil baru. Hal ini sangat wajar alias lumrah untuk merk dan jenis mobil apapun.
Nah kemarin lusa penulis menerima kasus keluhan berupa suara glodakan di area depan bawah saat setir diputar atau dipakai belok secara full. Suaranya lumayan keras, "bletak krek krek" kira - kira seperti itu bunyi nya.
Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata oh ternyata masalahnya ada di bagian understeel yang sudah tidak bagus lagi.
Suara tadi berasal dari dudukan baut stopper yang patah sehingga saat di pakai belok full bunyinya mak glodak keras sekali. Akhirnya besi dudukan tadi kita las kan di tukang las dengan ongkos sekitar 100 ribu rupiah.
Selain dudukan stopper yang patah, juga terdapat masalah lain, yaitu "idle arm" yang sudah tidak bagus lagi alias sudah oblak, sehingga idle arm harus di ganti baru.
Harga idle arm genuine Isuzu memang lebih mahal, harga normalnya sekitar 870 ribu an. Namun jika beli nya di beres " bengkel resmi ", harga nya bisa naik sampai 1.1jt an. Hal ini karena kita di bebankan biaya Ppn 10% + 30% margin bengkel.
Apakah mobil Panther kalian juga mengalami hal yang sama ? Silahkan diperiksa understeel nya di bengkel langganan kawan :D.
No comments:
Post a Comment