Ini Kerugian Memanjangkan Garpu Kopling - Tips Isuzu Panther

Latest

5/2/18

Ini Kerugian Memanjangkan Garpu Kopling


Pantherlovers - adakah diantara kalian yang diiming - imingi-in oleh teman atau saudara soal pemanjangan garpu atau shift fork kopling sehingga rasanya jadi lebih empuk saat kopling di injak ?

Jika iya dan tertarik pula untuk memanjangkan tuas kopling bawah, kalian perlu memperhatikan informasi teknis yang akan coba saya jabarkan dibawah ini.

memanjangkan garpu kopling
Foto : Ilustrasi cara kerja shift fork


Dalam kondisi normal, shift fork atau tuas kopling bawah ini terdiri dari 3 bagian utama, pertama adalah beban dimana shift fork ini memegang release bearing, kemudian titik tumpu yang berupa tonjolan tempat menumpunya shift fork sebagai pengungkit, dan yang ketiga ialah lengan kuasa yang letaknya tepat dibagian lubang tonjokan master kopling bawah.

Dari ketiga nya tadi terdapat perbandingan panjang pada jarak titik tumpu ke beban ( jarak A-B ), dan juga titik tumpu ke titik kuasa ( jarak B-C ) yang perbandingannya adalah 1 : 2,3. Dimana jarak A-B sepanjang 12cm, sedang jarak B-C sepanjang 30cm.

Nah saat kalian panjangkan di bagian  (B-C ) dengan harapan agar pedal kopling terasa empuk saat diinjak, otomatis jarak perbandingan tadi pun akan berubah.

Misalnya saja kalian tambah panjangnya sepanjang 10cm, otomatis perbandingannya tidak 1 : 2,3 lagi melainkan menjadi 1 : 3.3 an. Sedangkan jarak tonjokan master kopling bawah tidak berubah alias tetap.

Perlu kalian ketahui tentang sudut radius, jika radius semakin diperlebar, maka penonjok harusnya diperpanjang juga, jika penonjoknya panjangnya juga tetap maka saat pedal kopling kalian injak full, release bearing tidak bisa menekan secara penuh.

Nah memang nantinya akan terasa lebih empuk saat pedal kopling diinjak, namun efek jangka panjangnya adalah kampas kopling jadi cepat habis, karena meskipun kalian menginjak pedal kopling secara full, seolah - olah injakan pedal kopling tadi hanya sekitar setengah sampai 2/3 injakan saja. Friksi kampas kopling disini akan semakin besar sehingga kampas pun cepat aus.

Dan semua dikembalikan lagi ke kalian sebagai pemilik mobil, jika sudah siap dan tidak masalah dengan resiko yang ada, ya silahkan dipanjangkan garpu penekan kopling alias fork shift nya :D.


No comments:

Post a Comment