Pantherlovers - pernahkah mobil panther kalian mengalami bunyi mencicit keras saat setir dipakai belok full ? Jika iya berarti komponen pulley kruk As ( crankshaft ) mengalami masalah.
Umumnya bunyi mencicit yang keras saat dipakai belok full ini lantaran adanya slip di bagian tersebut. Karet peredam yang melekat diantara pulley kruk as sudah dol atau los.
Foto istimewa, take by me |
Jika sudah demikian mau tidak mau kita harus mengganti pulley kruk As tadi dengan yang baru, sebab pulley yang dol dan tidak diganti bisa terpisah dan terlepas.
Resiko pulley kruk As di las
Beberapa owner panther yang mungkin tidak memiliki biaya untuk membeli part baru, mereka biasanya mengakalinya dengan cara di las mati antara pulley bagian luar dan dalam. Lalu apakah hal ini memiliki resiko atau efek samping dikemudian hari ?Tentu saja akan ada efek negatif nya, kruk As yang di las tentu saja tidak bisa melakukan peredaman hentakan saat mesin pertama kali dinyalakan / saat melakukan akselerasi. Jika dipakai secara terus menerus kondisi ini akan mengakibatkan tali kipas jadi lebih cepat molor atau bahkan putus dalam waktu yang singkat.
Penggunaan pulley kruk AS yang telah di las dalam waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan di bagian poros pulley bagian dalam serta robeknya seal oli. Seal oli yang rusak akan mengakibatkan kebocoran / rembes oli keluar melalui poros kruk AS tadi sehingga volume oli akan menyusut secara perlahan.
Selain menyebabkan kebocoran oli, pulley kruk AS yang di las putarannya tentu tidak lagi balance sehingga dikuatirkan bisa menyebabkan AS kruk bisa patah.
Jika hanya dipakai saat darurat saja sih sebenarnya tidak jadi masalah, tapi ingat jika sudah memiliki dana lebih, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment