Sudah Spooring Masih Lari Kiri - Tips Isuzu Panther

Latest

5/18/18

Sudah Spooring Masih Lari Kiri


Pantherlovers - mengendarai sebuah mobil dimana setir kemudi susah dikendalikan, lari kiri maupun kanan tentu akan sangat menjengkelkan bukan ? Terlebih jika lari kanan atau lari kiri nya kencang sekali, tangan pasti akan capek menahan setir terus menerus.

Nah untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan dilakukan pengerjaan spooring dan balancing roda.

Syarat melakukan spooring balancing


Sebelum melakukan spooring balancing, kendaraan harus memenuhi syarat mutlak yang tidak bisa diganggu gugat, syarat itu diantaranya adalah kondisi kaki - kaki alias understeel yang harus prima, serta kondisi ban & velg yang bagus. Bagus artinya ban tidak benjol, tidak oleng, tidak mengayun, tekanan angin yang sama rata, tapak ban yang masih tebal dan lain sebagainya. Jika ada salah satu saja diantara syarat diatas tidak terpenuhi, jika dipaksakan di spooring hasilnya percuma saja alias sia - sia belaka.

Pengecekan understeel panther sebelum spooring

Understeel mobil yang perlu di cek diantaranya meliputi bearing roda, ball join atas dan bawah, tierod, long tierod, end tierod, idle arm, gearbox dan setelannya, bushing stut bar, bushing kampak atas ( bushing upper arm ), bushing arm bawah, shockbreaker all, serta ketinggian body depan mobil. Jika ada yang rusak, oblak, macet, goyang atau timbul bunyi sebaiknya direpair jika bisa, atau ganti baru jika tidak dapat di repair.

Pengecekan ban sebelum spooring dan balancing

Kondisi ban yang perlu di cek adalah mengenai ketebalan tapak ban, jika sudah tipis sebaiknya tunda dulu spooring balancingnya. Cek tekanan angin  dan usahakan sama rata, cek kondisi keolengan velg & ban di mesin balancing, cek jika ada benjol pada ban.

Jika kondisi ban dan belg kurang bagus tentu akan mempengaruhi hasil akhir. Misalnya jika ban depan ada yang benjol, di spooring seperti apapun hasilnya mobil akan narik, sebab ban benjol ini gerakannya seperti nendang dan mendorong mobil ke salah satu sisi.

Jika sudah di spooring masih lari kiri


Sebelumnya kalian perlu tahu bahwa sistem steering Isuzu Panther ini berbeda dengan kebanyakan mobil keluaran terbaru. Isuzu Panther masih menggunakan steering gearbox with ball, dimana sistem steering seperti ini lebih gampang goyang - goyang dan mudah terpengaruh kemiringan jalan raya.

Berbeda dengan sistem steering rack dan pinion, mobil dengan steering seperti ini memiliki ciri umum setir kemudi yang lebih berat/membal namun stabil, sehingga tidak mudah terpengaruh kemiringan jalan raya. Contoh kemudi ini di produk Isuzu ada di mobil Isuzu MU-X.

Nah karena Isuzu Panther masih memakai steering gearbox, sangat wajar jika mudah terpengaruh kemiringan jalan raya. Untuk pengetesan Panther memang disarankan dilakukan di jalanan yang benar - benar rata dan tidak bergelombang. Kalau ngetesnya di jalan bergelombang pasti dia kadang bisa terasa narik kekiri jika jalan miring kiri, dan akan terasa kekanan jika jalan miring kekanan.


Catatan penting :

Jika di tes di jalan bergelombang dan mobil kadang kekiri dan kekanan itu wajar, karena memang sistem steering gearbox with ball ini tidak se stabil sistem steering racksteer.

Namun jika di tes di jalanan yang datar dan masih narik kekiri, sehingga mau tidak mau kemudi perlu ditahan agar lari mobil jadi lurus, berarti setelan spooring masih kurang mantep.

Oh iya, penggunaan part non genuine meskipun part tersebut kondisinya baru juga kurang disarankan. Sebab part non genuine memiliki tingkat kekerasan atau kelenturan yang berbeda dengan part genuine.

Setel manual panther narik kiri atau kanan

Kalian bisa menyetel sedikit setelan caster mobil yang berada di bagian stut bar. Jika mobil lari kekiri, maka stur bar di sebelah kiri perlu dipanjangkan kedepan, atau jika ternyata setelan stut bar kiri sudah mentok kedepan, kalian bisa memendekkan kearah belakang dari stut bar yang di sebelah kiri.

Lakukan hal sebaliknya jika mobil lari kearah kanan. Lakukan penyetelan secara bertahap, coba putar mur penyetel satu atau dua ulir terlebih dulu dan tes jalan. Kalau masih terasa narik, setel lagi satu atau dua ulir sampai mobil terasa lurus.


No comments:

Post a Comment