Bearing roda depan mobil panther bertype tapered roller bearing, dimana type bearing ini mampu menahan tekanan beban dari arah depan, sisi dalam maupun sisi luar sehingga bearing ini mampu menahan beban dengan sangat baik.
Foto ilustrasi : Tapered roller bearing |
Namun kelemahan bearing type ini adalah tidak termasuk paten bearing, yang artinya bearing ini ada mur penyetel kekencangannya. Mur penyetel ini tentu saja bisa kendor seiring pemakaian meskipun sudah di lock dengan slip pen ( slip pen masih memiliki jarak bebas ).
Jika tidak dikontrol secara berkala kekencangan maupun grease nya, ketika mur penyetel sudah longgar dan mobil tetap digunakan, bisa berakibat bearing menjadi terkikis, cacat dan ambrol.
Cara cek bearing cacat
Kecacatan bearing ini bisa dilihat dengan dua cara, yang pertama adalah dengan mendongkrak roda depan dan kemudian memutar ban. Jika bearing cacat akan terdengar bunyi gemuruh, atau jika kalian sentuh bagian upper arm akan terasa kasar/bergetar.Cara yang kedua tentu saja dengan melepas bearing roda nya dan melihatnya secara visual. Bila bearing cacat tentu hal pertana yang terlihat adalah adanya gram atau serbuk besi diantara celah bearing. Jika kerusakan sudah sangat parah, roller bearing atau bambu bearing akan terlihat pecah ( tidak mulus ).
Foto ilustrasi : Bambu bearing hancur |
Agar tidak mengalami bearing ambrol dijalan, maka rutinlah memeriksa kondisi bearing mobil. Kalian bisa memeriksanya sendiri dirumah, atau di bengkel understeel terdekat yang bisa kalian temui. Untuk harga pengecekan understell di bengkel bervariasi antara 50 ribu hingga 100 ribuan.
No comments:
Post a Comment