Penyebab Setir Tidak Bisa Kembali Setelah Belok - Tips Isuzu Panther

Latest

10/9/18

Penyebab Setir Tidak Bisa Kembali Setelah Belok

Pantherlovers - mengemudi dengan kondisi setir kemudi bermasalah tentunya akan membuat kita jadi merasa kurang nyaman bukan. Karena selain rasa kurang nyaman ini bisa mengganggu fokus kita dalam mengemudi, juga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan akibat pecahnya fokus mengemudi kita tadi.

Biasanya problem yang menyerang di bagian sistem kemudi mobil Isuzu panther ini meliputi setir mobil terasa kurang stabil, setir mobil terasa bergetar di kecepatan tertentu, setir mobil berat sebelah, narik ke kiri atau narik ke kanan, bahkan setir mobil ini tidak bisa kembali sesaat setelah dipakai belok.

Untuk kesempatan kali ini kita akan fokus membahas mengenai problem setir mobil isuzu panther tidak bisa kembali lurus setelah belok, mungkin untuk problem lain akan saya bahas dilain kesempatan.

Penyebab setir mobil Isuzu panther tidak bisa kembali

Biasanya ada beberapa penyebab kenapa setir mobil tidak bisa kembali lurus setelah belok dimana biasanya mobil menggunakan part understeel aftermarket / part bukan original. Kenapa bisa demikian ? karena build quality antara part original dengan produk aftermarket itu berbeda meskipun memiliki bentuk fisik yang sama.

Rata - rata produk non genuine ini memiliki ciri umum yang sama yakni berat. Terlebih lagi jika mobil lama tidak digunakan dan jarang di greasing, pasti understeel non genuine tadi akan mengeras dan lengket. Beberapa part understeel yang biasa diganti dengan part aftermarket untuk menekan biaya diantaranya adalah ball joint atas dan bawah, en tierod luar dan dalam, idle arm dan centerlink ( long tierod ).

Cara mengatasi setir tidak bisa kembali setelah belok

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan standarisasi bagian understeel mobil seperti komponen yang saya sebutkan diatas dengan yang genuine / ori. Setelah dilakukan penggantian ini pastinya mobil wajib dilakukan spooring ulang untuk menyelaraskan roda kemudi agar seimbang.

Selanjutnya mobil perlu dilakukan tes jalan untuk mengetahui apakah keluhan customer tadi sudah teratasi ataukah belum.

Jika sudah di standarkan dan di spooring masih tidak bisa kembali setelah belok ?

Ketika understeel mobil sudah di standarkan, seharusnya penyakit setir tidak bisa kembali tadi sudah hilang. Namun jika ternyata kondisinya masih tetap sama, kalian perlu mengecek bagian lain yakni komponen cross joint yang ada di bagian steering columb. Caranya adalah dengan melepas steering columb dan memeriksa bagian cross joint nya. Jika cross joint macet maka perlu diganti dengan part yang baru juga.



No comments:

Post a Comment