Mungkin segudang pertanyaan seperti diatas akan muncul dibenak kalian jika pernah mengalami strutbar panther patah berulang kali, bahkan patah sesaat setelah melakukan penggantian.Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai hal - hal yang menyebabkan strutbar Isuzu Panther mengalami patah dibawah ini.
Penyebab strutbar Isuzu Panther patah
1. Menggunakan part imitasi / bukan ori
Sparepart non genuine memang terkenal harganya yang murah namun memiliki kualitas yang lebih buruk dibandingkan part original. Oleh sebab itu merupakan hal yang wajar jika part ini mudah patah. Jika tidak ingin mengalami patah berulang, saran saya pergunakanlah part original.Bagaimana jika menggunakan part ori masih saja patah berulang ? Jika memang part kalian adalah ori dan sering patah, bisa jadi disebabkan faktor selanjutnya dibawah ini.2. Bushing lower arm yang goyang.
Dalam keadaan normal bushing lower arm tidak boleh goyang. Jika sampai goyang bisa mengakibatkan adanya gerak bebas di bagian kampak bawah maju dan mundur. Gerakan inilah jika terjadi berulang, apalagi dibarengi dengan menghantam lubang akan menyebabkan strut bar mobil mengalami patah.3. Kesalahan pemasangan dan penyetelan.
Dalam memasang bagian bushing besi, bushing karet, beserta ring dan mur tidak boleh salah. Begitupun posisi pemasangan harus tepat dibagian tengah, jika saat memasang strutbar dipaksa maju, bisa mengalami patah. Jika memasang ring terbalik, bisa menyebabkan bushing karet mudah pecah dan hancur.Biasanya mobil panther cenderung tidak stabil dan narik kekiri. Hal ini memaksa mekanik untuk menyetel caster melalui strutbar, caranya adalah dengan menarik strutbar bagian kiri lebih condong kedepan agar mobil tidak cenderung lari kekiriNamun jika penarikan strutbar ini terlalu maju, bahkan sampai mentok kedepan, akan menyebabkan batang strutbar tepat dibagian ulir terakhir ini mengalami lelah. Jika terkena hentakan lubang bertubi - tubi bisa membuatnya patah tepat di bagian ini.Pemasangan strutbar ini harus dipasang tepat dibagian tengah, dimana panjang ulir bagian depan setidaknya harus sama dengan panjang ulir bagian belakang.
Bagaimana jika mobil lari atau narik kiri jika strutbar diposisikan di tengah ? Usahakan lakukan spooring saja untuk mengatasi hal ini. Biasanya mekanik khusus spooring akan menyetel caster melalui bagian upper arm, dengan mengganjalnya menggunakan besi plat besi khusus, sehingga menyetelnya bukan melalui batang strutbar.
4. Cara mengemudi yang ugal - ugalan.
Batang strutbar ini meskipun terbuat dari besi, bentuknya sangat kecil sehingga jika cara mengemudi ugal - ugalan, se original dan se bagus apapun penyetelannya, pasti akan mengalami patah juga. Jadi pastikan cara mengemudi juga harus bagus.Jika lewat jalanan bergelombang/berlubang sebaiknya pelankan laju mobil, jangan malah terus dihajar dengan kecepatan tinggi.Jika kalian suka kebut2 an di jalanan yang buruk kondisinya, saya sarankan jangan memakai panther, gunakan Isuzu D-MAX, Ford, Hilux, dan mobil double cabin merk lainnya.
Catatan :
Biasanya mobil panther yang sering patah adalah jenis panther pick up maupun panter kotak, dimana batang strutbar lebih kecil.
Nah bagaimana, semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat kalian yang mungkin saja sering mengalami patah dibagian strutbar nya.
No comments:
Post a Comment