Pantherlovers - kelebihan Isuzu Panther menurut saya dibandingkan dengan mobil jenis lain berdasarkan radius beloknya adalah dia memiliki radius belok yang lebih pendek sehingga untuk putar balik, sekali putar setir lebih cepat dapat. Artinya tidak perlu banyak maju mundur seperti mobil kebanyakan saat ini.
Nah ngomong - ngomong masalah radius putar ini, terkadang ada saja masalah yang muncul, seperti misalnya saja putaran setir full antara yang ke kiri dengan yang ke kanan tidak sama panjang. Atau saat mobil dipakai belok full terasa seperti gasruk atau nyenggol sesuatu. Kenapa ya kira - kira ?
Nyenggol atau gasruk nya roda ketika mobil dipakai belok ini juga banyak sebabnya, misalnya saja kalian mengubah ukuran ban / velg yang lebih besar. Namun yang umum menjadi penyebab adalah karena adanya salah setel maupun kerusakan di bagian baut stopper.
Biasanya dudukan baut stopper ini bengkok / patah sehingga saat setir diputar full akan gasruk atau nyenggol bagian batang stabilizer depan.
Nah disini kalian pun perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah dudukan baut stopper tadi bengkok/patah ataukah tidak. Jika patah perlu di las ulang dan di setel kembali stopper nya.
Namun bila dudukan dan baut stopper tadi baik baik saja, mungkin kalian perlu menyetel baut stopper lebih panjang sehingga tidak lagi gasruk saat dipakai belok.
Oh iya, stopper ini fungsinya adalah sebagai pembatas setir saat di belokkan ( menahan pitman arm ) agar ban maupun velg tidak kandas.
Namun bila ban mentok atau gasruk karena mobil sudah di modifikasi menggunakan velg yang lebih menjorok kedalam, mau tidak mau kalian harus menambahkan spacer adapter.
Semoga artikel mengenai ban Panther kandas saat belok diatas bermanfaat.
No comments:
Post a Comment