Cek Shockbreaker Depan Panther Mati - Tips Isuzu Panther

Latest

4/20/18

Cek Shockbreaker Depan Panther Mati


Pantherlovers - shockabsorber atau yang lebih dikenal di kalangan awam dengan istilah shockbreaker merupakan komponen yang sangat penting didalam sistem suspensi. Mengingat fungsinya sebagai peredam getaran dan peredam ayunan yang imbasnya tentu menambah nyaman dalam berkendara.

Kebanyakan di mobil Isuzu Panther, shock yang sering kalah adalah shock bagian depan, wajar mengingat pengguna panther berbeda dengan pengguna mobil lain ( lebih ganas dalam melibas jalanan ).

Bila shockbreaker mobil sampai rusak, lemah, atau mati, tentunya akan membuat mobil jadi kurang enak dikendarai. Bisa menyebabkan bantingan setir jadi kurang enak, mobil limbung dan mantul - mantul.

Trus gimana nih cara mengecek shockbreaker depan Panther yang sudah lemah ?


Caranya cek shockbreaker panther yang lemah ini mudah sekali, cukup tekan body depan mobil ke arah bawah sekuat tenaga. Jika terlihat banyak sekali pantulan artinya shock sudah lemah, namun bila hanya sekali atau dua kali pantulan berarti kinerja shock masih sangat jreng.

Kerusakan lain yang menimpa Isuzu Panther biasanya adalah kebocoran oli shockbreaker akibat sering menghantam lubang atau gundukan di jalan dengan keras. Dan juga lepas atau aus nya bushing shockbreaker yang dikemudian waktu akan menyebabkan munculnya bunyi - bunyian saat mobil menginjak lubang.

Kerusakan shockbreaker belakang


Untuk shock bagian belakang, kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran oli shock karena mobil sering menghantam lubang jalan. Bila sudah terlihat banyak oli yang rembes sebaiknya lakukan penggantian shockbreaker baru.

Bagaimana bila shock bocor tadi di servis / repair ?


Untuk repair shock sih bisa namun tidak saya rekomendasikan karena kebanyakan shock hasil repair tidak bisa bertahan lama ( namun hal ini tergantung kompetensi bengkel yg mengerjakan sih ).


Tips dan saran

Bila mobil kalian hanya dipakai di sekitar perkotaan saja cukuplah dengan menggunakan shock ori dari Astra Isuzu. Namun bila mobil sering dipakai enjot - enjotan melibas jalanan yang jelek maupun dipakai semi off road, mending pasangkan shockbreaker aftermarket yang speknya jauuh lebih tinggi dari yang ori biar gak bolak balik ganti shock.


No comments:

Post a Comment