Penyebab Setir Panther Terpengaruh Jalan - Tips Isuzu Panther

Latest

4/20/18

Penyebab Setir Panther Terpengaruh Jalan


Pantherlovers - pernah gak sih diantara kalian para panther owner yang merasakan setir mobilnya tidak bisa stabil saat dikendarai ?

Terasa seperti mengikuti kontur jalan yang ada, misalnya saat jalan miring kiri mobil seperti menarik kekiri, namun saat melewati jalan yang miring kanan eh mobil juga terasa seperti narik kekanan ?

Banyak sekali kemungkinan yang bisa menimbulkan problem setir mobil panther lari kiri kanan tidak beraturan ini, namun kebanyakan bersumber dari kondisi understeel yang tidak baik.

Tidak baiknya understeel mobil ini bisa dikarenakan komponen ori yang memang sudah rusak, atau karena menggunakan produk non original yang sifatnya kaku.

Penyebab setir mobil lari kanan kiri yang pertama dikarenakan ball joint mobil yang sudah pecah karet pelindungnya sehingga besi ball joint menjadi lengket. Lengket atau kaku nya ball joint inilah yang membuatnya menjadi arah mobil gampang terpengaruh jalan.

Pada kondisi normal ball joint ini harus bersifat lentur dan mudah. Jika sampai kaku akan membuat problem yang demikian, termasuk penggunaan ball joint non ori yang sifatnya kaku.

Penyebab setir panther lari kiri kanan yang kedua adalah diakibatkan karena idle arm mobil yang sudah oblak. Oblaknya idle arm tentu saja akan mempengaruhi arah kemudi digerakkan. Selain setir mudah terpengaruh jalan, idle arm yang oblak ini akan membuat free play setir semakin banyak.

Penyebab ketiga kenapa setir Isuzu Panther terpengaruh jalan lainnya adalah karena adanya end tierod dan bearing roda depan yang oblak. Oblaknya part ini akan membuat arah putar roda tidak stabil, putaran oblak keluar masuk sehingga akan memberikan efek nyendal dan akhirnya setir gampang menggelinding mengikuti kontur jalan.

Penyebab lain mobil narik kiri kanan mengikuti kontur jalan.


Faktor external lain yang bisa menyebabkan setir mobil tidak bisa liris stabil ialah penggunaan velg dan ban bertapak lebar. Lebarnya bidang gesek antara permukaan ban dan aspal jalan tentunya akan memberikan dampak mobil gampang terpengaruh kemiringan jalan.

Bila ada diantara pembaca yang pengalami problem seperti ini, sangat disarankan untuk melakukan penghantian part yang sudah rusak, dan selanjutnya di teruskan pengerjaan spooring karena tiap penggantian komponen understeel akan mengubah setelan spooringnya.

Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment